Terjadinya proses belajar sebagai upaya untuk memperoleh hasil belajar sesungguhnya sulit untuk diamati karena berlangsung di dalam mental. Namun demikian, kita dapat mengidentifikasi dari kegiatan yang dilakukannya selama belajar. Faktor penyebab kesulitan belajar tidak selalu sama. Ada hal-hal yang menghambat kemajuan belajar, sehingga dapat menimbulkan kekecewaan, malas belajar, atau bahkan mungkin dapat mempengaruhi jiwanya.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat digambarkan bagaimana proses tersebut berlangsung. Ahli psikologi behavior memandang bahwa proses belajar terjadi melalui ikatan stimulus-respon, dan ahli psikologi konstruktivis berpendapat bahwa proses pemerolehan pengetahuan adalah melalui penstrukturan kembali struktur kognitif yang telah dimiliki agar bersesuaian dengan pengetahuan yang akan diperoleh sehingga pengetahuan dapat diadaptasi.
Beberapa faktor kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam proses belajar mengajar, adalah apakah faktor peserta didik misalnya motivasi, faktor guru/pengajar, metode, bahasa, apakah materi bahan pelajaran akuntansi, apakah lingkungan sekolah misalnya sarana prasarana dan lain sebagainya.
Sehingga dapat dicari langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi kesulitan tersebut dengan harapan tujuan pendidikan dapat tercapai secara efektif. Seperti, pemberian motivasi belajar kepada siswa baik secara kelompok maupun individu, serta memberikan kegiatan yang berorientasikan pada usaha untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata-kata kunci:
Belajar, Behavior, Konstruktivis, Akuntansi, Motivasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar